Jumat, 08 Maret 2013

Waspada Rem Tromol Mobil Matik

Waspada Rem Tromol Mobil Matik

BosMobil.com - Dianggap enteng namun fatal. Kinerja pengereman terutama mobil matik yang masih menggunakan rem tromol dibagian belakang menghadapi ratusan kilometer dan medan yang beragam menuju kampung halaman ternyata cukup berat.

Contohnya yang dialami salah satu tim BosMobil ketika menuju kota Yogyakarta menggunakan mobil matik berfasilitasi rem tromol belakang.


Menghadapi kurang lebih 560 Km melintas di Lajur Selatan dan terkena imbas macet hingga kurang lebih 7 jam di Kawasan Nagreg sampai Gentong memang melelahkan. Tapi lebih melelahkan kinerja rem yang harus sigap ditekan meladeni turunan dan kelokan curam.

Benar saja, selang beberapa jam kedepan pedal rem lebih terasa enteng alias dalam yang hal hasil membuat tim sedikit was-was membawanya. "Beruntung masih bisa bertahan hingga tujuan," ujar rekan setelah melihat bongkahan tromol yang per pegas pengaitnya telah lepas dan kanfas yang menipis.

"Maklum mas, turunan curam dan macet pula, pasti sampean lebih sering menginjak rem apalagi mobil matik. Belum lagi medan berlubang yang bergelombang hingga menimbulkan getaran berat pasti membuat isi tromol sedikit tergunjang," ujar Doyo salah satu montir bengkel di jalan raya Klaten, Jawa Tengah.

So, bagi Anda yang masih mudik dan ingin melakukan perjalanan balik terutama yang menggunakana mobil matik dengan kelengkapan sistem pengereman tromol, silakan cek kembali sebelum memulia perjalanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar