Jumat, 08 Maret 2013

Tips Pertolongan Pertama Bila Mobil Terendam Banjir

Tips Pertolongan Pertama Bila Mobil Terendam Banjir

BosMobil.com - Ancaman banjir masih menjadi momok menakutkan pemilik mobil di Ibukota, ‘waspada dan waspadalah’. Namun bagi mobil yang sudah terlanjur terendam banjir, tidak usah panik. Lakukan pertolongan pertama dangan cara-cara di bawah ini.
Tips Mobil Terendam Banjir

Lepaskan Kabel Negatif Aki

Tak dapat dipungkiri, musuh besar sistem elektronik atau sistem kelistrikan adalah air. Putuskan hubungan kelistrikan dari sumbernya.“Lepaskan kabel negatif aki, hal ini bertujuan untuk menghindari hubungan arus pendek (korsleting) dari arus listrik yang dapat merusak komponen elektronik di dalamnya,” papar Bintang Putra dari Auto 2000 Pasteur, Bandung.

Pindahkan Dengan Mendorong

Jika memungkinkan untuk dipindahkan, lakukan dengan cara mendorong. “Jangan coba-coba untuk menyalakan mesin karena dapat menyebabkan adanya korsleting dari air banjir, dan air akan terhisap masuk ke dalam mesin,” ucap Bintang.

Non Aktifkan Rem Parkir

Segera non aktifkan rem parkir lalu gunakan batu atau masukkan persneling ke gigi 1(manual) atau posisi P (matic) untuk menghindari kanvas rem melekat, terutama pada mobil yang masih menggunakan rem tromol.

Cek Semua Oli

Rembesan air bisa masuk dari mana saja, terlebih mobil terendam dalam waktu yang cukup panjang. “Cek semua oli atau pun minyak, baik itu mesin, transmisi, dan lainnya karena kemungkinan oli atau minyak tersebut sudah tercampur air. Jadi sebaiknya kuras semua oli atau minyak tersebut dengan yang baru,” tutur Bintang.

Bawa Ke Bengkel

Jika kendaraan Anda masih memungkinkan untuk dikendarai, silahkan segera dibawa ke dealer resmi untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. “Karena kendaraan yang sudah menggunakan ECU sangat sensitif dan kemungkinan mengalami kerusakan akibat terendam banjir,” ucap Bintang.
Kondisi kendaraan yang telah terendam banjir pastinya akan mengalami kerusakan. Tapi dengan pertolongan pertama tersebut, kondisi mobil bisa lebih baik dan setidaknya terhindar dari kerusakan secara total, sehingga tidak mengalami kerugian yang sangat banyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar