Jumat, 08 Maret 2013

Sebab Dan Solusi Lampu Mobil Berembun


Sebab Dan Solusi Lampu Mobil Berembun


Jakarta, BosMobil.com - Sering kita jumpai kaca lampu mobil berembun. Umumnya disebabkan pada sealant yang sudah tidak bagus atau mulai mengeras sehingga tidak kedap lagi. Bisa juga timbul karena ada keretakan atau pecah. Kondisi ini kemungkinan terjadi pada mobil yang sudah sedikit agak lawas.
Lampu Mobil
Namun kadang kita temui lampu mobil baru juga berembun. “Biasanya disebabkan setelah mereka upgrade lampu yang mengharuskan membongkar batok lampu seperti penggunaan projector dan yang lainnya. Namun saat mengembalikannya tidak teliti dalam memberikan sealant, bahkan ada beberapa kasus tidak diberi sealant,” ujar Richard dari workshop Richz Auto Designs.
Penyebab lain adalah terjadinya embun karena perbedaan suhu antara di dalam dan di luar lampu yang terlampau jauh. Ini biasanya terjadi akibat penggunaan bohlam yang menghasilkan panas berlebih dan sering menerpa hujan. Karena kondisi lensa lampu mobil baru umumnya terbuat dari bahan plastik yang tidak tahan panas, alhasil butuh lubang untuk mengeluarkan udara panas.
Solusinya adalah melakukan “reka ulang”, bongkar kembali batok lampu mobil Anda. Kemudian bersihkan seluruh batok lampu hingga bersih dan kering. Pasang kembali, sealent ulang dan pastikan tak ada celah kecil untuk masuknya titik air. Bagi yang retak atau pecah bisa juga ditutup dengan sealent.
Lampu Mobil
“Agar sealent merekat dan menutup dengan sempurna, jangan biarkan mobil Anda terkena hujan atau dicuci dahulu untuk sekitar 2 sampai 3 hari,” ucap Richard. Sementara embun yang terjadi karena karet batok lampu yang sudah rusak bisa diganti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar