Jumat, 08 Maret 2013

Mobil Diesel Lebih Cocok untuk Indonesia daripada Hybrid

Mobil Diesel Lebih Cocok untuk Indonesia daripada Hybrid

Viewed 2,986 times
Jakarta, BosMobil.com - Presiden Republik Indonesia (RI) Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) telah memberikan perintah untuk melakukan penghematan bahan bakar minyak (BBM) untuk kendaraan bermotor termasuk mobil pribadi.
Menyusul instruksi Presiden ini kemudian ditindaklanjuti oleh satu produsen mobil di Indonesia dengan menggelontorkan beberapa varian hybrid. Tapi ternyata dilain pihak ada yang beranggapan jika mobil hybrid sebenarnya tidak cocok untuk diterapkan di Tanah Air.
Mobil Diesel Lebih Cocok untuk Indonesia daripada Hybrid
"Penghematan BBM memang sudah seharusnya, ini juga jadi isu di seluruh dunia. Tapi kalau kita melihat apakah hybrid bagus untuk Indonesia? Saya rasa harus banyak faktor yang dipertanyakan," papar Product Planning Manager BMW Group Indonesia Dennis A. Kadaruskan kepada BosMobil.
Mobil Diesel Lebih Cocok untuk Indonesia daripada Hybrid
Lebih lanjut Dennis menuturkan dengan kondisi di Indonesia maka yang pantas diterapkan yakni dengan memperbanyak mobil-mobil bermesin clean diesel. "Karena apa, selama insentif pemerintah terhadap mobil hybrid belum segencar di negara maju maka mobil hybrid itu harganya akan mahal," katanya.
Mobil Diesel Lebih Cocok untuk Indonesia daripada Hybrid
Dirinya menjelaskan jika teknologi hybrid itu tidak bisa dipungkiri membutuhkan riset yang mahal. Baterai listriknya pun harganya masih mahal, bandingkan dengan teknologi diesel yang sebenarnya sudah ada sejak dulu sehingga sekarang ini hanya merupakan pengembangannya saja.
Mobil Diesel Lebih Cocok untuk Indonesia daripada Hybrid
Masyarakat Indonesia juga hingga saat ini belum familiar dengan mobil hybrid. banyak mekanik yang belum tau tentang teknologi hybrid dan perawatan motor listrik. Baterai listrik juga dipercaya bisa membuat bobot mobil lebih berat serta mengkanibal ruang dalam mobil itu sendiri.
Mobil Diesel Lebih Cocok untuk Indonesia daripada Hybrid
"Selain itu harus dipikirkan juga bagaimana daya tahan baterai hybrid itu, kemana akan dibuang setelah 10 tahun. Bandingkan dengan mobil diesel yang mesinnya masih bisa di daur ulang, emisinya tak kalah rendah dari hybrid, dan kalau mau dibandingkan, sebenarnya mobil hybrid tidak lebih hemat BBM dibanding diesel, tapi diesel punya power dan torsi yang jauh diatas mobil hybrid. Boleh dicoba loh, banyak yang sudah membuktikannya," kekeh dia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar