Jumat, 08 Maret 2013

Lebih Jeli Usai Cuci Mobil : Cegah Kerak Dan Karat

Lebih Jeli Usai Cuci Mobil : Cegah Kerak Dan Karat


BosMobil.com - Mengeringkan pasca mencuci mobil memang wajib hukumnya. Selain untuk menuntaskan pekerjaan, mengeringkan berfungsi mencegah air mengendap dan mencegah terjadinya kerak bahkan karat.
Cuci Mobil
Namun jangan puas begitu saja bila mobil sudah terlihat kering. Perhatikan dengan teliti apakah masih ada endapan air yang bersarang di sela-sela mobil. Caranya, goyangkan mobil agar bisa terdeteksi sumber tempat bersembunyinya sisa-sisa air.

Atap

Potensi bersemayamnya air di atap memang cukup besar, walaupun mobil masa kini tidak lagi menggunakan talang air di sisi atap. Sisa air biasanya mengendap antara jalur pembuangan air yang mengarah ke kaca depan atau belakang.

Sela-Sela Pintu

Sela-sela pintu sangat mungkin disusupi air ketika kita sedang mencuci mobil. Coba kitari pinggiran pintu mobil sampai bagian engsel serta pertemuan body dengan pintu, menggunakan lap microfiber. Potensi lain mengendapnya air di sekitar pintu adalah di sela-sela karet pelindung pintu.

Kaca Jendela Samping

Air bertahan di celah antara karet penyangga dan kacanya. Saat jendela diturunkan, air akan menempel di kaca. Saat kaca dinaikkan, bekasnya akan tertinggal di kaca. Cara mudah untuk membersihkan bagian ini adalah dengan membuka-tutup kaca beberapa kali, lalu lap sisa air yang menempel di kaca.

Spion Samping

Celah spion dari mulai tempat berpapasnya cermin dan rumah spion sampai tekukan spion sangat mungkin menjadi tempat bersarangnya sisa air. Cara mengeluarkannya, ketuk pelan-pelan spion samping agar air yang bersembunyi bisa turun kemudian di lap.

Gagang Pintu

Tempat lain bersembunyinya air adalah handle atau gagang pintu. Cara membersihkannya dengan menggerakan handle tersebut atau ditiupkan sampai lelehan air mengalir turun.

Wiper

Banyaknya celah serta lekukan sangat memungkinkan air untuk mengendap di sela-sela wiper. Angkat gagang wiper dan usap dengan lap microfiber hingga seluruh bagiannya kering.

Kap Mesin

Celah antara bodi dan kap mesin berpotensi menjadi tempat bersembunyinya air. Kondisi kap mesin tertutup kadang membuat kita tidak sadar adanya air yang mengendap. Angkat kap mesin agar sisa air bisa diseka sampai kering.

Grill

Memang agak sedikit cape bila kita membersihkan grill, terlebih mobil dengan grill model sarang tawon yang mempunyai celah-celah kecil. Namun bagian ini cukup banyak menyimpan endapan air. Seka sisa air dengan teliti hingga tiap celahnya.

Bemper

Lekukan bemper sangat berpotensi menyimpan air, terutama pada bagian sekitar foglamp, seputaran dudukan plat nomer kendaraan, serta kisi udara di bemper. Begitu juga pada bagian bemper belakang.

Emblem Mobil

Perhatikan setiap celah pada logo atau emblem mobil, mulai dari logo depan, samping hingga belakang. Bagian ini juga sarat dengan endapan air, ketok perlahan hingga air mengalir lalu keringkan.

Tutup Pengisian Bensin

Tutup pengisian bensin juga menjadi tempat favorit bersembunyinya air. Caranya, buka tutup pengisian bensin dan bersihkan sela-selanya.

Velg

Sela-sela batang atau palang velg sampai tempat bercokolnya baut roda sangat berpotensi menyimpan air bekas cucian mobil. Bersihkan dengan teliti sampai kering.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar